DISPLAY

Pengertian Display

Menurut WILLIAN J.SHUTZ
Display merupakan suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung.

Tujuan Display

  1. Attention (perhatian) and Interest (menarik) customer, bisa dengan warna-warna dan juga lampu/ pencahayaan.
  2. Desire (keinginan) and  Action (transaksi yang dilakukan) customer

Display dibagi menjadi beberapa bagian:


  • Window Display : memajang barang-barang, gambar-gambar, kartu harga, simbol-simbol, dsb dibagian depan toko yang disebut etalase.
CONTOH GAMBAR WINDOW DISPLAY :







Tujuan Window Display : 
  1. Untuk menarik perhatian konsumen yang lewat
  2. Menyatakan kualitas yang baik atau harga yang murah sebagai ciri khas dari toko tersebut.
  3. Memancing perhatian terhadap barang-barang istimewa yang dijual di toko
  4. Untuk menimbulkan impluse buying (dorongan seketika) 
  5. Agar menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko.

  •  Interior Display : memajang barang-barang, gambar-gambar, kartu harga, poster di dalam toko.
Macam-macamnya :

  • Open Display : Barang-barang di pajang pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat, serta di teliti oleh calon pembeli tanpa bantuan pelayan. Misal : self display, island display (barang diletakkan diatas lantai dan ditata dengan baik sehingga menyerupai pulau-pulau).
CONTOH GAMBAR OPEN INTERIOR DISPLAY :



  • Closed Display :Barang dipajang dalam suasana tertutup. Barang tidak dihampiri dan dipegang atau diteliti calon pembeli, kecuali atas bantuan pelayan, bertujuan untuk melindungi produk. Misal: emas (rawan hilang), kue (rawan rusak).
CONTOH GAMBAR CLOSED INTERIOR DISPLAY: 





  • Architectural Display : Memperlihatkan barang-barang dalam penggunaannya (ditumjukkan secara realistis).
CONTOH GAMBAR ARCHITECTURAL DISPLAY: 



  • Exterior Display :Penataan yang dilaksanakan dengan memajang barang-barang di luar toko. Misal : pada waktu mengadakan obral dan pasar malam.
CONTOH GAMBAR EXTERIOR DISPLAY:

Fungsinya:

  1. Memperkenalkan suatu produk secara cepat dan ekonomis. 
  2. Membantu para produsen menyalurkan barang-barangnya dengan cepat dan ekonomis.
  3. Membantu mengkoordinasikan advertising dan merchandising.
  4. Menyebabakan adanya kontinuitas skema dan tema warna dari pembungkkus
  5. Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. Misal : pada hari raya, ulang tahun. 


1 komentar: